KELURAHAN TUGUJAYA RAIH PREDIKAT PENGELOLA PROGRAM TERPADU P2WKSS TERBAIK

Posted by TP. PKK KOTA TASIKMALAYA | Posted on 14.39.00

 

Walikota Tasikmalaya Drs. H. Syarif Hidayat M.Si menyerahkan Tropy dan Piagam Penghargaan dari Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Republik Indonesia dan Gubernur Jawa Barat kepada Ketua TP. PKK Kelurahan Tugujaya Kecamatan Cihideung atas prestasinya menjadi Kelurahan Pengelola Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Barat, Senin (28/12) di Halaman Balekota.
"Mudah-mudahan keberhasilan ini bukan semata-mata hanya sebuah penghargaan saja tetapi dari kegiatan ini mampu menjadi pemacu dan pemicu perubahan prilaku hidup sehat serta peningkatan kesejahteraan keluarga secara berkelanjutan. Prestasi atau penghargaan ini bukanlah segala-segalanya akan tetapi dari prestasi atau penghargaan ini dapat menjadi tolok ukur kinerja kita", amanatnya.

Reaksi: 

PUNCAK ACARA HARI IBU KE-81 TINGKAT KOTA TASIKMALAYA

Posted by TP. PKK KOTA TASIKMALAYA | Posted on 14.43.00

Selasa, 22 Desember 2009 di Halaman Balekota Tasikmalaya dilaksanakan upacara peringatan Hari Ibu dengan Inspektur Upacara Walikota Tasikmalaya Drs. H. Syarif Hidayat, M.Si dihadiri Wakil Walikota Ir. H. Dede Sudrajat MP, Danlanud Wiriadinata Letkol. Pnb. Tata Budi Pratama, Dandim 0612 Letkol. Inf. Agus Susanto, perwakilan dari Polresta Tasikmalaya beserta jajaran pejabat Pemerintah Kota Tasikmalaya dan para undangan.
Dalam kesempatan tersebut terlihat fenomena yang luar biasa, terlihat para petugas upacara, komandan upacara dan pengiring paduan suara pun adalah perempuan yang melibatkan anggota Lanud Wiriadinata, Polresta Tasikmalaya, beserta PNS di Lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya hingga Walikota menyambut baik pada pelaksanaan upacara dengan turun dari podium inspektur upacara memberikan selamat dengan menyalami komandan upacara yang merupakan Istri Wakapolresta Tasikmalaya.
Acara peringatan pun dilanjutkan di Gedung Galih Prawestri Kota Tasikmalaya yang diselenggarakan Gabungan Organisasi Wanita  (GOW) dihadiri Walikota Drs.H. Syarif Hidayat, M.Si beserta Ketua TP.PKK Hj. Roosje Syarif Hidayat dan ibu-ibu anggota GOW Tasikmalaya dengan menampilkan pertunjukan paduan suara dan tarian dari anak-anak.
Drs. H Syarif Hidayat, M.Si dalam sambutan peringatan Hari Ibu ke-81 menyampaikan bahwa awal tahun 1900-an posisi perempuan masih berada pada kungkungan adat, terbatas pada urusan kerumahtanggaan. Perjuangan Raden Dewi Sartika menempatkan perempuan untuk sejajar dengan laki-laki di bidang pendidikan. 
Ibu adalah perawat dan dokter pertama untuk keluarganya,  sebagai istri yang mendukung dan mendampingi suami, sepatutnya kita kaum laki-laki harus selalu menjunjung tinggi dan menghormati perempuan baik itu anak, istri dan Ibu kita”, ungkapnya.
Diakhir sambutannya Drs. H. Syarif Hidayat, M.Si. mengucapkan Dirgahayu Hari Ibu ke-81 dan mengharapkan dengan peringatan ini dimaksudkan untuk mengenang dan menjadikannya sebagai inspirasi bagi perempuan Indonesia dalam mendukung pembangunan bangsa.
"Ibu adalah orang yang melahirkan kita maka sepatutnya kita menyayangi mereka tapi jangan hari ini saja memberikan kasih sayang pada ibu tapi kita harus setiap hari tanpa henti menyayanginya dan diharapkan kita selaku perempuan bisa menghargai potensi diri sendiri”, papar salah seorang pengisi acara Nidia Reaningtyas (16 thn) . 
Pada puncak acara dilaksanakan pemberian 150 paket sembako kepada warga Kecamatan Indihiang dan pemberian bibit pohon 300 buah ke Kelurahan Tugu Jaya. (Hms-KotaTsk)

(Sekuntum Mawar dari Walikota Tasikmalaya untuk Istri  tercinta, Hj. Roosye Syarif selepas Upacara Peringatan Hari Ibu, 22/12)

Reaksi: 

BAHAYA MEROKOK PADA USIA DINI DAN PEROKOK PASIF

Posted by TP. PKK KOTA TASIKMALAYA | Posted on 15.49.00




Bertempat di Aula Bale Kota Tasikmalaya Jalan Letnan Harun No. 1 Tasikmalaya diselenggarakan kegiatan Diseminasi Informasi Bahaya Merokok Pada Usia Dini dan Perokok Pasif di Kota Tasikmalaya yang diikuti sekitar 100 orang perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya, PKK, Lembaga Kepemudaan, LSM, Guru, Mahasiswa dan Siswa SMU serta Tokoh Masyarakat. Kegiatan yang berlangsung khidmat tersebut mendapat apresiasi tinggi dari Wakil Walikota Tasikmalaya Ir. H. Dede Sudrajat, MP. dengan membuka diseminasi secara resmi. (14/12)

Kota Tasikmalaya berdasarkan hasil pendataan prilaku hidup bersih dan sehat di rumah tangga tahun 2007 tercatat 30,55% rumah terbebas dari asap rokok, ini menandakan 69,45 masyarakat Kota Tasikmalaya masih kurang menyadari akibat dari asap rokok yang dapat membahayakan keluarga di rumah sebagai perokok pasif. Sementara data hasil survei ekonomi dan kesehatan nasional tahun 2004 perokok di Indonesia usia belia 5-9 tahun meningkat signifikan dari 0,4% menjadi 1,8% dan usia dini 13-15 tahun mencapai 26,8% dari total populasi. Depkes RI memperkirakan 70% dari 141,44 juta warga Indonesia adalah perokok aktif dan yang paling menyedihkan 60% diantaranya adalah kelompok perpenghasilan rendah.

Ir. H. Dede Sudrajat, MP. yang membacakan sambutan Walikota Tasikmalaya menekankan kepedulian Pemerintah Kota Tasikmalaya melalui Surat Edaran Walikota Tasikmalaya Nomor 658/510/KPLH tentang LARANGAN MEROKOK DI TEMPAT UMUM serta berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2003 tentang Pengamanan Rokok Bagi Kesehatan khususnya pasal 22 yang menyebutkan Tempat Umum, Sarana Kesehatan, Tempat Kerja dan Tempat yang secara spesifik sebagai tempat proses belajar-mengajar, Arena kegiatan anak, Tempat ibadah dan Angkutan umum dinyatakan sebagai Kawasan Tanpa Rokok.

Bertindak selaku nara sumber pada kegiata tersebut Kabag Bina Mitra Polresta Tasikmalaya Kompol. Endang Warliman, Kepala Kantor Pengendalian Lingkungan Hidup Drs. Jeje Sujedi, MM. serta Adang Surahman dari Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya.

Reaksi: 

WAKIL WALIKOTA TASIKMALAYA MENERIMA TIM RECHECKING MONITORING DAN EVALUASI PROGRAM TERPADU P2WKSS TINGKAT PROPINSI JAWA BARAT

Posted by TP. PKK KOTA TASIKMALAYA | Posted on 03.45.00

Wakil Walikota Tasikmalaya Ir. H. Dede Sudrajat, MP. menerima kedatangan Tim Rechecking Monitoring dan Evaluasi Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Tingkat Provinsi Jawa Barat di Aula Kelurahan Tugujaya Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya dengan agenda Rechecking pelaksanaan Program Terpadu P2WKSS. (Selasa, 01/12).

Hadir pada kesempatan tersebut Danlanud Wiriadinata, Anggota Kodim 0612 Tasikmalaya, Ketua TP. PKK Kota Tasikmalaya Hj. Rosye Syarif Hidayat beserta jajaran Pengurus TP. PKK Kota Tasikmalaya, Kepala OPD se-Kota Tasikmalaya , Pengurus dan Anggota TP PKK Kecamatan Cihideung dan TP. PKK Kelurahan Tugujaya serta seluruh Kader Binaan P2WKSS.


Dalam sambutannya Wakil Walikota Tasikmalaya mengungkapkan bahwa Program Terpadu P2WKSS adalah salah satu bentuk upaya pemberdayaan masyarakat untuk merubah kebiasaan perilaku hidup, dari yang tadinya kurang sehat menjadi sehat, tadinya hanya sekedar konsumen sekarang diharapkan bisa menjadi produsen sehingga terwujud keluarga sehat dan sejahtera. Beliau juga mengatakan "Dalam rechecking ini Tim dapat memberikan penilaian yang terbaik serta upaya ini dapat berkenan di hati para tim rechecking, bermanfaat bagi perubahan perilaku dan peningkatan kesejahteraan masyarakat".


Harapan Ir. H. Dede memang bukan tanpa alasan, data yang berhasil dihimpun, dari 9.294 jiwa warga Kelurahan Tugujaya terdapat 1.600 KK termasuk Keluarga Pra Sejahtera. Padahal di Wilayah Kelurahan Tugujaya terdapat perusahaan besar : (1) Perusahaan Sabun Palem; (2) Perusahaan Sabun Agung; (3) Perusahaan Angkutan TFT; (4) Perusahaan Angkutan AN; dan (5) ASIA Mall Tasikmalaya. Sementara Usaha Kecil Menengah, terdiri dari perusahaan sandal, perusahaan bordir, perusahaan kerudung dan perusahaan produksi makanan ringan.



Senada harapan Wakil Walikota, Ketua Tim Rechecking P2WKSS Provinsi Jawa Barat menjelaskan Program Terpadu P2WKSS diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup, kesehatan dan kesejahteraan keluarga serta kesederajatan/ kesejajaran gender.

Pada kesempatan itu diserahkan pula Plakat Kota Tasikmalaya dari Wakil Walikota Tasikmalaya kepada Ketua Tim Rechecking Monev Program Terpadu P2WKSS serta Hadiah Lomba Pemanfaatan Lahan Pekarangan kepada salah satu warga di RW 01 Kelurahan Tugujaya Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya.

Reaksi: